Game guide

Hewan Ternak & Peliharaan

Sapi Harvest Moon Back to Nature

Dalam Harvest Moon : Back to Nature semua , ayam, sapi, domba, anjing dan kuda digolongkan sebagai hewan ternak dan hewan peliharaan yang memiliki AP (Affection Point). Setiap kenaikan +25AP hewanmu akan mendapatkan 1 heart meter yang bisa kamu lihat di start menu.

Untuk meningkatkan AP hewan ternak, kamu harus berinteraksi dengan mereka setiap hari. Namun, kamu hanya mendapati kenaikan AP hanya pada aksi pertama yang kamu lakukan. Misalnya, kamu menggendong anjing dan meletakkannya kembali, aksi ini bernilai +2AP, namun jika kamu melakukannya lagi pada hari yang sama maka tidak ada penambahan AP. Jika kamu mau menambah AP maka kamu harus menunggu esok hari untuk melakukan aksi-aksi menambah AP.

Namun hal ini tidak berlaku untuk pengurangan AP. Semua hewan dalam game ini akan mengalami pengurangan AP kalau kamu serang dengan alat dan jika kamu menyerang lagi maka AP akan terus berkurang meskipun pada hari yang sama.

Anjing


Ketika kamu datang, kamu akan memperoleh anjing sebagai hewan peliharaan untuk menemanimu sejak awal permainan. Di awal permaian ini anjingmu akan memiliki 10 AP.

Anjingmu juga memiliki nilai intelejensi. Nilai intelejensi anjingmu paling rendah bernilai 0 (tidak bisa minus) dan dapat dilatih ketika dia sudah dewasa. Kamu bisa membeli bola dan bermain bola bersama anjingmu, apabila kamu melemparkan bola, anjingmu menggonggong, mengambil bola dan mengembalikannya padamu maka aksi ini akan meningkatkan intelejensinya sebanyak 3 poin/hari. Semakin tinggi intelejensi anjingmu semakin besar kemungkinannya untuk memenangkan Festival Balap Anjing pada setiap tanggal 10 musim salju. Perlu diingat bahwa intelenjensi point ini berbeda dengan affection point.

Berikut adalah aktivitas yang dapat dilakukan untuk menambah atau mengurangi AP anjingmu:

AktivitasAffection Point
Menggendongnya & meletakkanya kembali+2
Bersiul dan direspon oleh anjingmu+2
Cuekin anjingmu sepanjang hari-1
Meletakkan anjingmu di luar ketika hujan/salju/badai sepanjang malam-5
Menyerang anjingmu dengan alat-10

Ayam


Kamu dapat membeli ayam sebagai hewan ternak di Poultry Farm seharga 1500g/ekor dan pakannya seharga 10g. Atau kamu dapat membuat sendiri pakan ayammu dengan melempar jagung (corn) pada water mill di sebelah kandang ayam. 1 buah jagung akan menghasilkan 10 pakan ayam. Namun, jika kamu meletakkan ayammu di luar kandang, kamu tidak perlu memberinya makan.

Jika kamu sudah memiliki ayam yang bisa bertelur, kamu tidak perlu membeli ayam ke Poultry Farm. Kamu dapat meletakkan ayammu pada inkubator untuk dibiarkan menetas dalam waktu 3 hari. Butuh waktu 9 hari bagi anak ayam untuk menjadi ayam dewasa.

Ayam akan mulai menghasilkan telur jika mereka memiliki 1 hati di heart meternya (dapat dilihat di start menu). Jika kamu lupa memberi makan ayam maka ayammu tidak akan bertelur selama 2 hari.

Berikut adalah aktivitas yang dapat menambah & mengurangi AP pada ayam:

AktivitasAffection Point
Memberi makan ayam+10
Menyerang ayam dengan alat-10
Digonggongi anjing liar (apabila kamu meletakkannya di luar)-10
Lupa memberi makan ayam-20
Meninggalkan ayam di luar kandang ketika hujan/salju/badai seharian-120

Kamu juga dapat memperoleh Golden Egg yang berharga 3x lipat dari telur biasa apabila memenangkan Chicken Festival yang diadakan tiap tanggal 7 Summer. Selain itu telur dapat diolah menjadi mayonaise dengan membeli Mayonnaise Maker dari Saribara. Selain telur biasa, telur emas (golden egg) juga dapat diolah menjadi Gold Mayonnaise sehingga harga jual semakin mahal.

Sapi


Kamu dapat membeli sapi sebagai hewan ternak di Yodel Ranch seharga 6000g. Sapi yang dibeli dari Yodel Ranch adalah sapi muda dan butuh 14 hari untuk menjadi sapi dewasa. Sapi dewasa sudah dapat memproduksi susu setiap hari asalkan dalam kondisi mood yang baik, sehat dan tidak sedang hamil. Semakin banyak hati yang dimiliki sapi karena AP yang tinggi, semakin banyak produksi susu yang dihasilkan (ditandai dengan ukuran Small/Medium/Large).

Hal yang perlu diingat adalah ternyata menyikat dan memerah susu sapi tidak menambah AP, tapi meskipun tidak mendapatkan AP mungkin tindakan ini dapat menjaga mood dan kesehatan sapi.

Sapi dapat dibuat hamil dengan menggunakan C.M Potion yang dapat dibeli di Yodel Ranch. Sapi akan hamil selama 21 hari untuk melahirkan anak sapi, dan anak sapi butuh waktu 15 hari untuk jadi sapi muda, dan 14 hari lagi untuk jadi sapi dewasa. Mengingat waktu yang cukup lama sejak hamil (sapi hamil tidak dapat menghasilkan susu) sampai menjadi dewasa, maka saya rasa hal ini kurang efektif dari segi biaya. Lebih baik langsung membeli sapi muda dan menunggu 14 hari sampai menjadi dewasa.

Sapi juga dapat menghasilkan susu emas jika memenangkan Cow Festival (Kontes Sapi) yang dilaksanakan tiap tanggal 20 Summer. Susu emas dapat diubah menjadi Gold Cheese dengan menggunakan Cheese Maker yang bisa dibeli di Saibara.

Berikut adalah akitivitas yang dapat menambah atau mengurangi AP pada sapi :

AktivitasAffection Point
Berbicara dengan sapi+3
Membiarkan sapi makan rumput di luar kandang+2
Memberi makan pakan di dalam kandang+1
Membiarkan sapi di luar kandang tanpa ada rumput dewasa yang bisa dimakan-9
Lupa memberi makan sapi-10
Menyerang sapi dengan alat-10
Digonggongi oleh anjing liar ketika di luar kandang-10
Meninggalkan sapi di luar kandang dalam keadaan hujan/salju/badai sepanjang hari-120

Domba


Kamu dapat membeli domba sebagai hewan ternak di Yodel Ranch seharga 4000g. Kamu bisa mendapatkan wool dari domba dewasa dan wool akan tumbuh kembali 7 hari kemudian dalam keadaan sehat (apabila sakit atau tidak bahagia wool tumbuh lebih lama). Ukuran wool juga ditandai oleh heart meter domba. Semakin banyak hati yang dimiliki domba karena AP yang tinggi, semakin besar ukuran wool yang dihasilkan (ditandai dengan ukuran Small/Medium/Large).

Domba juga dapat menghasilkan wool emas jika memenangkan Sheep Festival (Kontes Domba) yang dilaksanakan tiap tanggal 21 Fall di Yodel Ranch. Wool emas dapat diubah menjadi Gold Yarn dengan menggunakan Yarn Maker yang bisa dibeli di Saibara.

Domba dapat dibuat hamil dengan menggunakan S.M Potion yang dapat dibeli di Yodel Ranch. Domba akan hamil selama 21 hari sampai melahirkan anak domba. Anak domba membutuhkan waktu 15 hari untuk tumbuh jadi domba dewasa yang dapat menghasilkan wool.

Sama seperti sapi, menyikat dan menggunting bulu domba tidak menambah AP pada domba (namun mungkin membuatnya tetap gembira).
Berikut adalah aktivitas yang dapat menambah AP domba:

AktivitasAffection Point
Berbicara dengan domba+3
Membiarkan domba makan rumput di luar kandang+2
Memberi makan domba di kandang+1
Menyerang domba dengan alat-1
Digonggongi anjing liar ketika di luar kandang-1
Membiarkan domba di luar kandang tanpa ada rumput dewasa untuk dimakan-9
Lupa memberi makan domba-10
Meninggalkan domba di luar kandang dalam keadaan hujan/salju/badai sepanjang hari-120

Kuda


Pada tahun pertama di musim semi kamu dapat mengunjungi Yodel Ranchc dan mendapatkan kuda namun kamu perlu menunggu kuda menjadi dewasa untuk bisa dikendarai dan membantu menyimpan barang untuk dijual di sadelnya. Kamu tidak perlu memberi makan kuda dan berbicara dengan kuda tidak menambah AP.

Kudamu juga memiliki stamina yang tersembunyi (stamina tidak bisa dilihat di start menu). Stamina point paling rendah bernilai 0 dan tidak bisa lebih rendah dari ini. Kamu bisa meningkatkan stamina kuda dengan mengendarai kuda, namun hanya mengendara untuk pertama kali per harinya yang dapat meningkatkan stamina kuda. Apabila kamu mengendarai kuda, turun, lalu naik lagi mengendarai kuda, maka tindakan yang kedua tidak menambah apa-apa. Semakin tinggi stamina kudamu semakin besar kemungkinannya untuk menang Lomba Pacuan Kuda yang diadakan setiap tanggal 18 Spring. Apabila memenangkan lomba pacuan kuda, maka berkesempatan untuk memperoleh Power Berry.

Tinggalkan Balasan