Games, Journal

Plays.org : Main Game Tanpa Install di Browser aja


Halo semua, apa kabar? Masih tetap setia dengan zoom meeting & semua kegiatan di rumah aja? Biarpun saat ini kegiatan sudah semakin longgar, namun pandemi belum berakhir apalagi dengan terus munculnya varian baru. Tuntutan untuk bekerja dan beraktivitas serba-digital tak jarang membuat beban pemakaian komputer dan handphone menjadi lebih berat. Saya pribadi saat ini semakin merasakan hp yang semakin mudah panas sehingga mulai meng-uninstall aplikasi-aplikasi yang kurang esensial seperti misalnya aplikasi-aplikasi game. Namun, sebenarnya saya pribadi ngerasa game-game santai seperti Candy Crush lumayan bikin rileks, namun sayangnya harus uninstall karena kebutuhan memori hp untuk hal lain yang lebih penting. Hiks, bye Candy Crush!

Walhasil, saya coba mencoba mencari permainan yang tidak perlu diinstal dan cukup dimainkan dari browser saja. Akhirnya saya menemukan satu website yang berisi banyak sekali pilihan permainan, namun di sisi lain tidak mencurigakan dan ramah anak yaitu : plays.org

Alasan bermain di Plays.org

Kelebihan

Banyak alasan mengapa saya akan merekomendasikan website ini ke orang-orang. Pertama, website ini sesuai buat saya yang memang mencari game yang tidak perlu diinstal dan membebani memori. Kedua, save-nya juga dilakukan di website (dengan cara register) sehingga kita tidak perlu mendownload aplikasi semacam “memory card” ke komputer kita (selain karena faktor keamanan). Ketiga, dapat dimainkan baik di Desktop maupun Mobile/Handphone. Keempat, pilihan game yang sangat banyak!! Terlebih lagi kebanyakan grafis dari gamenya bagus-bagus dan memanjakan mata. Kelima, website dan game yang ramah anak, sampai saat ini saya belum menemukan game dengan konten dewasa di web ini. Keenam, ga ada iklan!!! Ini benar-benar bikin kenyamanan bermain jadi lebih maksimal sih, no more annoying pop-up ads!

Meskipun awalnya saya mencari alternatif game candy crush yang terinstall di handphone, namun pada praktiknya saya lebih sering memainkan game-game plays.org di desktop. Hal ini karena memang frekuensi saya duduk depan komputer lebih besar dibandingkan dengan pegang hp. Lumayan juga buat refreshing, rileks sejenak sambil menunggu zoom call atau nge-recharge mood yang mulai lelah. Kelebihan tambahannya adalah lebih puas ngelihat tampilan gamenya, meskipun di desktop yang berlayar lebar (saya pakai iMac), kualitas grafis dari plays.org ini masih sangat oke dan memanjakan mata.

Kekurangan

Sebenarnya kalau berbicara kekurangannya, kekurangan yang ada di plays.org ini masih bisa ditoleransi, apalagi kalau dibandingkan dengan kelebihan yang ditawarkan. Dibilang kekurangan bisa jadi bukan kekurangan juga ya, tapi lebih preferensi pribadi saya yang kerjaannya berkutat dengan UI/UX. Kekurangan pertama adalah : ketika kita mengeksplorasi game, kita tidak tau kita dalam keadaan login/logout. Untuk login pun tidak cukup jelas karena tombol/menu yang tersedia hanya ‘Register’, mungkin akan lebih baik jika tombol tersebut menjadi ‘Register/Login’, jadi user bisa langsung mengetahui kemana harus login.

Yang kedua adalah halaman ‘My Faves’ yang menurut saya kurang spot-on. Sebenarnya halaman ini sudah menjalankan tugasnya untuk menyimpan game-game favorit kita, fitur ini akan sangat berguna untuk menandai game-game yang kita suka agar bisa di replay di kemudian hari. Namun ketika kita scroll sedikit ke bawah, akan ada tulisan ‘Register a free user account here’ yang memberikan mixed signal seolah-olah kita belum login. Kalau di scroll semakin ke bawah juga ada permintaan dari developer untuk memberikan komentar, namun sayangnya halaman tersebut tidak memiliki kolom komentar. Saran saya, akan sangat ideal sekali apabila halaman tersebut hanya memunculkan favorit games tanpa embel lain-lain.

Rekomendasi Game

Nah, karena pilihan game-nya sangat sangat banyak -yang tentu saja saya sendiri juga belum mencoba semuanya- , berikut adalah beberapa game yang saya mainkan berikut komentarnya.

Running & Racing Game

Avengers Hydra Dash: Marvel Running Fight Mission Game

Dari awal ngelihat grafisnya sudah tertarik, dan setelah dimainkan lumayan mengingatkan saya dengan game Contra namun dengan tampilan grafis yang lebih baik dan karakter Marvel kesayangan kita semua. Pada iMac tampilan gameAvengers Hydra Dash ini cukup bagus dan tidak terpotong (karena saya perhatikan ada beberapa game yang vertical oriented sehingga agak terpotong di bagian atas-bawah meskipun tidak terlalu mengganggu dan masih bisa dimainkan). Sayangnya game ini lumayan sulit dimainkan dengan keyboard bawaan iMac, karena tombol atas-bawah pada keyboard bawaan iMac itu dirancang untuk para liliput alias kecil banget! Buat game platformer yang butuh ketangkasan dalam melompat, main dengan keyboard bawaan iMac adalah cara yang tepat untuk membuat emosi.

Susah bermain game platformer yang menuntut ketangkasan melompat dengan direction pad up-down pada Keyboard iMac.

Frozen Rush: Disney Princess Running Game

Alternatif game running dengan grafis keren dan karakter yang terkenal adalah Frozen Rush. Berbeda dengan Avenger Hydra Dash, Frozen Rush memungkinkan karakter yang kita mainkan untuk melompat dengan menggunakan mouse! Jadi ga ada lagi istilah ketekan atas-bawah sekaligus atau malah ketekan tombol shift. Untuk special skill tiap karakter juga menggunakan tombol enter yang mana tombol tersebut juga masih cukup lega untuk dipencet.

Hal menarik dari Frozen Rush ini, selain grafis yang bagus & karakter yang sudah terkenal yang paling menarik untuk saya adalah route alternative yang menuntut kita untuk menghapal medan perjalanan dan bagaimana kita menguasai skill dan kemampuan setiap karakter untuk melengkapi kristal yang ada di setiap level.

Batman Gotham City Speed

Hampir mirip dengan Avenger yang mana karakternya otomatis bergerak/berlari, dalam Batman Gotham City Speed kita mengendalikan karakter Batman yang mengendarai Bat Mobile & BatPlane yang bergerak, namun bergeraknya ke atas! Hal ini “penting” lagi-lagi karena ada hubungannya dengan keyboard iMac. Untungnya kursor kanan-kiri iMac ukurannya lumayan normal sehingga masih nyaman digunakan untuk bermain.

Seperti biasa, saya biasanya betah kalau grafisnya bagus. Selain background yang ga ngebosenin (meskipun pada tahap tertentu backgroundnya akan berulang), kontrol game ini terbilang cukup nyaman dimainkan. Game ini semakin sering dimainkan akan semakin mudah karena kita dapat membeli upgrade dengan koin yang kita kumpulkan dari permainan kita sebelumnya.Tantangan utamanya adalah mengalahkan skor kita sebelumnya dan berkendara semakin jauh. Saran saya, penuhi kapasitas nyawa terlebih dahulu, disusul magnet koin (karena untuk upgrade butuh koin), lalu roket/misil.

Candy Crush alternative

Dora Jungle Match

Untuk game seperti candy crush, plays.org mengelompokkannya dalam kategori ‘Connect 3’. Untuk connecting game dengan grafis terbaik menurut saya game Dora Jungle Match itu juara grafisnya, crisp banget. Selain itu background music-nya juga menarik, yang mana tempo musik akan semakin cepat ketika waktu hampir habis sehingga menambah ketegangan. Sayangnya game Dora ini tidak ada leveling, jadi yaa gampang bosan.

Jewel Pets Match Game

Game connect yang saya rekomendasikan selanjutnya adalah Jewel Pets Match Game. Sampai sekarang saya masih enjoy mainnya dan belum beralih ke game connect yang lain karena tampilan grafisnya yang imut & menggemaskan. Selain itu saya juga suka tantangan dan level difficulty yang ditawarkan. Berbeda dengan Candy Crash atau Shopee Candy yang belasan level awal tidak memberikan kesulitan berarti, Jewel Pet ini sudah bisa dirasakan tantangannya di level-level awal. Menarik sekali!

Strategy Game

Endless Siege Tower Defense

Last but not least adalah game favoritku di plays org yaitu : Endless Siege Tower Defense. Sebenarnya game ini mirip dengan King Rugni, namun saya pribadi lebih menyukai Endless Siege karena dia cenderung to-the-point. Saya kurang suka dengan animasi karakter membangun pertahanan yang ada di King Rugni karena mengganggu konsentrasi saja menurut saya, tapi ini sih memang selera personal ya. Terlepas dari itu Endless Siege ini addicting banget! Bahkan saya sempat begadang karena penasaran pengen banget coba Tier 3 senjatanya. Mainnya juga ga bisa sebentar karena sekali main saya bisa sampai ke level 80an.

Untuk memainkan game ini awal-awal mungkin kita akan menggunakan fitur fast forward sampai 3x (umumnya saya pakai kecepatan 2x). Fitur ini harus digunakan dengan bijak karena apabila diset dalam keadaan cepat bisa jadi kita malah “kebablasan” alias ga sempat membangun senjata yang dibutuhkan sebelum orc/monster sampai ke markas kita.

Sampai saat tulisan ini ditulis, saya belum berhasil mendapatkan versi terakhir dari meriam/cannon. Untuk sampai ke senjata tier-3 saya butuh “menabung” sampai ke level 80an, dan entah mengapa berbeda dengan upgrade senjata tier 1 dan tier 2 yang memang kerasa bedanya, upgrade senjata dari tier 2 ke tier 3 tidak terasa terlalu maksimal terlepas dari biaya upgrade yang sangat mahal karena waktu reload yang lebih lama. Yang paling sakit hati itu waktu upgrade Torch tower tier 2 ke tier 3, waktu reload bisa dua kali lipat padahal monster lagi banyak banget :’). Mungkin senjata-senjata tier 3 akan terasa setelah di upgrade sampai ke level tertentu, namun di level itu biasanya monsternya sudah sangat banyak dan uang sudah habis sehingga susah sekali buat upgrade :’).


Punya rekomendasi game lain di plays.org yang patut dicoba? Share di kolom komentar ya 😄

with love,

Thank you for all the readers! If you like the content and want to support, you can donate via Ko-fi (Global) or Trakteer (Indonesia)

Share on:

Postingan selanjutnya

Tinggalkan komentar

Home
Journal
Design
Others
Search