Estimated reading time: 0 minutes


Card Sorting

Design

Card Sorting

Card sorting adalah sebuah teknik partisipasi desain untuk mengelompokkan suatu item dengan item yang yang lain dalam satu kategori yang sama.


Apa itu Card Sorting?

Card sorting adalah sebuah teknik partisipasi desain dimana kita dapat mengeksplor bagaimana cara user/partisipan untuk mengelompokkan suatu item dengan item yang yang lain dalam satu kategori yang sama. Salah satu tujuan dilakukannya card sorting adlaah mencari terminologi yang biasanya salah dipahami, apakah karena terminologi tersebut maknanya kurang jelas atau justru terminologi tersebut punya beragam makna.

Card sorting dapat berfungsi untuk melihat pilihan-pilihan yang kita punya ketika akan menata informasi yang kita miliki. Kita bisa menemukan berbagai skema untuk mengorganisasikan menu, navigasi dan taksonomi dan mengaturnya agar sesuai dengan kebutuhan user dan membuat user lebih mudah dalam menemukan informasi. Metode ini juga memungkinkan kita untuk membandingkan “cara berpikir” tim internal dan “cara berpikir” pengguna (pihak eksternal perusahaan).

Metode Pelaksanaan

Dalam proses card sorting secara garis besar partisipan akan diberikan kartu yang bertuliskan tentang terminologi, konsep, fitur, dlsb dan moderator akan meminta partisipan untuk menyusun kartu-kartu tersebut dengan berbagai cara. Namun demikian, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan untuk pelaksanaannya, antara lain sebagai berikut:

  • Pilih moderator yang paham betul tentang konten yang akan dibahas.
  • Pilih partisipan yang memang merupakan target market dari konten tersebut, orang-orang yang mereka sendiri yakin bahwa mereka adalah pengguna yang mendapatkan manfaat dari produk yang kita kembangkan.
  • Direkomendasikan dilakukan dalam jumlah kecil (sekitar 3-5 orang maksimal).
  • Batasi jumlah pengguna yang berpartisipasi. Biasanya setelah 15 sesi kita sudah dapat memperoleh insight.
  • Gunakan sekitar 30-100 kartu.
  • Siapkan kartu kosong dan alat tulis sehingga partisipan dapat menambahkan sendiri.
  • Jika tidak ada pola yang muncul secara konsisten setelah 10 sesi, pertimbangkan untuk mengganti nama/istilah/kategori.

Rekomendasi bacaan lebih lanjut : https://www.nngroup.com/articles/card-sorting-terminology-matches/

Sumber:
Martin, Bella. “Universal Methods of Design Expanded and Revised.”

Share on:

with love,

Thank you for all the readers! If you like the content and want to support, you can donate via Ko-fi (Global) or Trakteer (Indonesia)

Postingan sebelumnya

AEIOU Framework

Tinggalkan komentar

Home
Journal
Design
Others
Search