Beauty notes

Sunscreen Actives / Bahan Aktif Tabir Surya

Tabir surya berfungsi untuk melindungi kulit dari paparan sinar matahari. Selain itu tabir surya juga berfungsi mencegah terjadinya penuaan dini, munculnya bintik hitam di wajah, hingga mencegah terjadinya kanker kulit.
Glosarium Skincare

EWG Score

EWG Scoring

Data yang ada dalam postingan ini disadur dari website Paula’s Choice
Diterjemahkan ke dalam Bahasa Indonesia agar bisa menjangkau lebih banyak pihak yang membutuhkan informasi yang disampaikan.
Apabila ada kekeliruan mohon kiranya agar menulis di kolom komentar sebagai masukan.
Untuk meningkatkan kualitas, perbaikan dan pemutakhiran sebisa mungkin akan terus dilakukan.

Sunscreen Actives / Bahan Aktif Tabir Surya

Sunscreen atau tabir surya berfungsi untuk melindungi kulit dari paparan sinar matahari, mencegah munculnya bintik hitam & mencegah terjadinya kanker kulit.

Nama BahanPenjelasanEfektivitasEWG Score
Avobenzone / Butyl methoxydibenzoylmethane / Parsol 1789Avobenzone adalah salah satu filter UVA yang paling banyak digunakan di dunia dan telah diuji secara ketat untuk keamanan dan kemanjurannya. Avobenzone adalah Bahan sunscreen sintetis (juga dikenal sebagai Parsol 1789 atau butyl methoxydibenzoylmethane) yang memberikan perlindungan matahari spektrum luas dengan menyerap sinar UVA.Baik1-2 (tergantung penggunaan)
Benzephenone​Kelompok senyawa yang digunakan dalam kosmetik sebagai agen tabir surya untuk melindungi sebagian besar dari radiasi UVB dan sebagian radiasi UVA.Baik3
Broad spectrum​Istilah yang mengacu pada kemampuan sunscreen untuk melindungi kulit dari sinar UVA dan UVB dari matahari.Baik
Bumetrizole​Bahan sunscreen yang menyerap terutama sinar UVB.Baik1
Ecamsule / Terephthalylidene dicamphor sulfonic acid​Bahan sunscreen yang memberikan perlindungan UVA.Baik
Homosalate​Bahan aktif tabir surya yang disetujui FDA yang terutama menyediakan perlindungan UVB. Rentang UVA-nya sangat sempit, sehingga tidak digunakan sendiri di tabir surya. Homosalate disetujui secara internasional untuk digunakan dalam tabir surya, hingga konsentrasi maksimum 15%.Baik2-4 (tergantung penggunaan)
Meradimate / Menthyl anthranilate​Bahan aktif tabir surya sintetis yang efektif menahan sebagian UVA (namun hanya melindungi sebesar 336 nanometer). Angka ini dirasa belum cukup untuk perlindungan dari sinar UVBaik1
Octinoxate / Octyl methoxycinnamate / Ethylhexyl methoxycinnamate​Octinoxate adalah tabir surya tertua dan paling umum yang digunakan untuk melindungi kulit, terutama terhadap sinar UVB. Meskipun octinoxate memang memberikan perlindungan UVA, ia tidak melindungi terhadap seluruh rentang panjang gelombang UVA; Oleh karena itu, harus ada hadiah aktif lain yang melindungi UVA dalam tabir surya yang Anda gunakan.Baik6
Octisalate / Octyl salicylate / Ethylhexyl salicylate​Agen tabir surya yang digunakan untuk melindungi kulit terutama dari sinar UVB.Baik1-4 (tergantung penggunaan)
Octocrylene​Agen tabir surya yang disetujui secara global yang melindungi kulit dari jangkauan sinar matahari UVB. Ini juga membantu menstabilkan sunscreen UVA aktif, avobenzone. Seperti semua aktifkan sunscreen sintetis, octocrylene dapat membuat peka bagi sebagian orang.Baik2-3 (tergantung penggunaan)
Oxybenzone / Benzephenone-3​Agen tabir surya yang melindungi kulit terutama dari sinar UVB matahari dan sebagian sinar UVA .Baik6-8 (tergantung penggunaan)
Padimate O​Agen tabir surya yang melindungi kulit terutama dari sinar UVB matahari.Sedang3-5 (tergantung penggunaan)
Para-aminobenzoic acid (PABA)​Bahan sunscreen yang jarang digunakan sejak 1990-an karena potensi kuat untuk reaksi kepekaan/sensitif.Buruk
Titanium dioxide​Digunakan sebagai bahan pengental, pemutih, pelumas, dan tabir surya dalam kosmetik. Melindungi kulit dari radiasi UVA dan UVB dan dianggap tidak ada risiko sensitivitas kulit. Karena sifatnya yang lembut, titanium dioksida adalah tabir surya yang aktif untuk kulit sensitif dan rawan kemerahan . Ini bagus untuk digunakan di sekitar mata, karena sangat tidak mungkin menyebabkan sengatan.Baik2-6 (tergantung penggunaan)